Belajar Komputer

Belajar komputer itu mudah dan gratis

Setting internet sharing via dual lan card pada windows 7


  • Pertama klik kanan pada gambar network seperti gambar di bawah ini.

clip_image002

  • Lalu klik “Open Network and Sharing Center”.

clip_image004

  • Lalu pilih “Change adapter setting”.

clip_image006

  • Setelah masuk ke Network Connections, lalu klik kanan pada Local Area Connection kemudian pilih Properties.

clip_image008

  • Setelah masuk ke Local Area Connection Properties, lalu pilih tab Sharing kemudian cek list pada checkbox untuk Allow other network users to connect through the computer’s Internet connection. Selanjutnya pilih Wireless Network Connection pada pilihan Home networking connection.

clip_image010

  • Setelah itu pilih Setting untuk masuk ke menu Advance Setting. Kemudian cek list semua checkbox yang ada lalu pilih OK.

clip_image012

  • Pada proses ini kita misalkan saja Wireless Network Connection menjadi Local Area Connection 2. Kemudian klik kanan lalu pilih Properties.

clip_image014

  • Lalu klik 2 kali pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4).

clip_image016

  • Kemudian ubah IP addressnya menjadi 192.168.22.1 ini untuk membedakan dengan setting Local Area Connection yang pertama. Selanjutnya Default gateway diisi dengan mengikuti IP address Local Area Connection yang pertama. Begitu juga dengan DNS server yang mengikuti Local Area Connection yang pertama, lalu klik OK. Setelah itu Internet Sharing sudah bisa digunakan.

clip_image018

Semoga Bermanfaat :D

72 responses to “Setting internet sharing via dual lan card pada windows 7

  1. kira yagami 11 Maret 2010 pukul 7:52 AM

    gan saya mau tanya negh.. klo seandainya kita bagi jaringan itu ke komputer lain dengan cara (LAN) bisa ga gan?truz settingannya bagaimana thu?
    harap pencrahnya yah
    thx
    ^_^

    • dimas347 19 Maret 2010 pukul 9:13 AM

      ya tentu bisa donk :D caranya sama kan dulu workgroupnya, terus setting IP Address nya (lakukan pada kedua atau lebih komputer) :D
      lalu pada komputer yang ingin di sharing lakukan sharing data pada folder tersebut :D lalu maka client dapat melihatnya di workgroup :D

      anda pakai OS apa bro ? :D

      • inaf 5 Januari 2011 pukul 4:24 PM

        sampai pusing seting LAN. dan sharin internet koneksinya, ahhh..
        untuk jaringan kantor, tapi server pake XP professional, aku pake W7, bisa gak gan??
        jadi yang bagi koneksi internet koneksinya aku yang pake 7 trus , data sharingnya xp??

      • dimas347 6 Januari 2011 pukul 4:59 AM

        aneh banget pakai komputer server tapi pakai windows xp, hahaha :D
        ya ntar klo mau sharing internet pilihannya ada 2, melalui router atau melalui komputer server.
        klo mau pakai seven nanti tinggal share internet aja di Lan komputer server :D

      • Emanuel SC 19 September 2011 pukul 9:49 AM

        punya ku kog gag ada tab sharingnya yaa mas ???
        aku mau sharing dari laptop ke cpu, semua OS 7

  2. ubay 23 Maret 2010 pukul 9:25 AM

    untuk koneksinya aku pake wearles. truz masalah LAN_nya aku pake wifi. gimana caranya supaya computer teman aku itu supaya juga bisa konec ke internet? jadi gakcuman ke computerku aja

    • dimas347 23 Maret 2010 pukul 4:33 PM

      jadi pertama komputer lu kan memakai kabel LAN untuk koneksi ke internet, langkah kedua nyalakan wireless komputer/laptop kamu, silahkan komputer kamu buat add hoc dengan cara Control Panel – Network and Internet – Manage Wireless Networks, nanti jangan diberikan password lalu step berikutnya klik button internet connection sharing.

      nah langkah selanjutnya silahkan laptop teman kamu melakukan koneksi dengan wireless ke laptop kamu, maka secara otomatis komputer teman kamu dapat ber internet melalui komputer kamu dan juga dapat mengakses komputer / laptop kamu :D

  3. awank 4 April 2010 pukul 12:44 AM

    kalo kasusnya gini. kompi 1 ke internet pake USB, dari kompi satu ke client pahe HUB Lan setingnya gimana gan?

    • dimas347 11 April 2010 pukul 10:27 AM

      ya nanti pada saat melakukan sharing data internet connectionnya di enable, caranya klik local area network properties lalu di ceklis yang ada pada tulisan yang paling atas pada bagian menu sharing :D

  4. hendra 7 April 2010 pukul 9:04 AM

    kk saya mau tny win7 saya kok ga bisa conect di speedy. katanya saya harus open LANcard win7 saya ya? soalnya LAN card saya ga detect sm skali.

    saya biasanya pke XP, saya msih baruaja pke win7 . tolong pncrahannya donk kk.. ^^ thx

    • dimas347 11 April 2010 pukul 10:22 AM

      ah saya mah langsung kedetect kok laptop saya :D
      gak pernah ada masalah yg berarti tuh :D
      coba kamu di internet cari driver Lan Card komputer km :D

  5. phitoosh 26 April 2010 pukul 7:41 AM

    gan kalau wifi ku yang terkoneksi ke internet sedangkan lancard ku mau ku share gimana ?

    • dimas347 26 April 2010 pukul 9:00 AM

      ada juga kebalik bos :D aneh aneh saja :D

  6. Dana 5 Mei 2010 pukul 2:29 PM

    kk saya ingin sharing inet dr 7 ke xp , tutor nya dah diikut smua tp np msh ga bs jalan inet di xp nya padahal sharing data dah bs ??

    • dimas347 5 Mei 2010 pukul 7:10 PM

      seharusnya bisa kok :D

  7. indra 21 Mei 2010 pukul 9:51 AM

    permasalahan nya kok di saya ga ada TAB sharing LAN itu ya ? gmn ini kk.. thx

    • dimas347 22 Mei 2010 pukul 12:28 PM

      di OS apa ?

  8. bram 22 Mei 2010 pukul 9:16 AM

    mau nanya om, kalo tab sharingnya di local area connection gak ada gmn biar jadi adanya?
    thx

    • dimas347 22 Mei 2010 pukul 12:28 PM

      di OS apa nih ?

      • yacub 22 Juli 2010 pukul 12:56 PM

        sama mas pada tab advanced internet conection sharingnya gak kelihatan gimana tu?saya pake windows xp.

      • dimas347 22 Juli 2010 pukul 3:26 PM

        yang di klik tanda panahnya bro :D jangan tulisan workgroupnya :D

  9. Dewan 8 Juni 2010 pukul 2:50 AM

    MAu Nanya ne gan..klo folder yg udh di sharing..trus mo dilihat di komputer lain tp pas dibuka gak mau..gmn caranya ya..??

    tq atas jawabannya..!!

    • dimas347 8 Juni 2010 pukul 6:46 PM

      coba yang di sharing yang berada di partisi hardisk D atau di partisi E :D pokoknya jangan yang di Partisi C ajah :D
      gak tau saya juga kadang2 suka gak bisa :D misalnya saya mau sharing folder yang ada di desktop :D malahan gak bisa di sharing namun kalo di dalam partisi selain di C bisa bisa saja kok :D

  10. Meimei 1 Agustus 2010 pukul 10:15 AM

    gan, maaf agak oot, aku mau nanya kok di bagian menu network and sharing center – change adapter settings…kok ga ada pilihan menu “wireless network connection” …apa ada yg salah dgn windows 7 pnya ane ?? mohon solusi nya ya gan. thx

  11. eddie 3 Agustus 2010 pukul 4:07 AM

    bos cara setting modem n70 di windows 7 ultimate gimana? tolong penjelasan nya bos. Saya pake kartu im3. Makasih sebelumnya..

  12. andri 4 Agustus 2010 pukul 8:18 AM

    gan, komputer gua dengan komputer teman gua g mau sharing data. tpi di ping mau. mohon di carikan solusinya.
    aku Lannya pake kabel utp, tp dia pakai wifi usb.
    tolong ya gan.

    • dimas347 26 Agustus 2010 pukul 10:34 AM

      sharingnya sama sama pake LAN aja komputernya bro :D tinggal samakan workgroup ama IP Address :D terus jgn lupa share filenya :D

  13. arief 6 Agustus 2010 pukul 7:26 AM

    bos..ane pake os 7
    modem isat SE mobile..mau share internet via lan gmn caranya???
    ni compi dkantor dh 5PC posisi ip gw udah ke 5

  14. ellow 20 September 2010 pukul 2:29 AM

    mas bos saya pasang lancard baru pada windows7 tapi setelah saya cek di network conektion tidak terdetek,apa ya masalahya????

    • dimas347 20 September 2010 pukul 2:39 AM

      harus di update online tuh Lan Cardnya :D

  15. lucky 25 September 2010 pukul 4:46 PM

    gan, gimana cara sharing pc(win xp) sama lapto(ubuntu 10.04)? gw pake speedy modem tp link, pc colok usb, laptop rj45.

    • dimas347 25 September 2010 pukul 5:28 PM

      lah emang klo PC ke modem pake USB, terus Laptop pake kabel LAN ke modem gak bisa internetan gituh ?? atau maksud anda gimana ??

  16. dedi rukini 27 September 2010 pukul 5:51 AM

    sama om, yang saya kayak gini masalahnya :
    saya instal win7 mobo gigabyte p43
    saat pertama instal OS, biasa aja, lan bisa terdikteksi
    setelah 2 hari, lan nya ilang, gak bisa konek internet
    semua udah dicoba, cek bios enable, cek kabel oke,
    cek driver udah instal, update driver udah, cek di sahring adapter udah, katanya lepasin batre bio udah, sampe sekarang puwing7kililing, forum udah pada di post
    belum ada jawaban yang pas, mohon pencerahan semua suhu2 ye, trim

    • dimas347 27 September 2010 pukul 11:06 AM

      install ulang aja bro gimana ?? :D

  17. kriting 8 Oktober 2010 pukul 11:55 AM

    bos, ane d rumah pake modemnya speedy yang wifi
    komputer ane kan ga ad wifi adapternya, kalo ane mau sharing wifi di laptop ane (W7) ke kompi lewat kabel lan gimana caranya bos?

  18. Beni 17 Oktober 2010 pukul 10:24 PM

    Mas, kemarin saya menyambungkan PC pada HUB, kok pada PC tdk kedetek yaw, padahal aq coba pake laptopq bisa kedetek.itu apanya ya Mas, aq pakai Win. 7

    • dimas347 18 Oktober 2010 pukul 12:39 PM

      emg klo di colokin ke hub kedetek gituh di komputer ??? kayaknya emg kagak deh

  19. nickzname 23 Oktober 2010 pukul 5:23 AM

    gan kok di ane gag ada tab internet conection sharingnya… saya pke win 7, kenapa yah… mohon bantuannya saya penasaran..

  20. dedy 28 November 2010 pukul 5:11 PM

    bos, ane mw tanya nh….
    laptop ane klo pake kabel LAN g bisa connect internet, padahal klo pake wireless lancar2 aja….
    gmna tuh????

    mohon bantuanx……

    • dimas347 29 November 2010 pukul 6:50 AM

      haduh hati2 tuh bro LAN Card nya jangan jangan rusak, bisa beli motherboard baru :D

  21. iccankk 9 Desember 2010 pukul 6:25 PM

    gan mau nanya nih,klu pake win7 trus wa mau sharing ke win xp maenggunakan jaringan lan cara aturx gmana yah…sory masih blajar cpu nih.gini penagturannya modem ke lan onboard truzz lancard pci xpr ke hub,nah dsitu wa mau sharing file ke client yg make xp truzz server wa win 7,cara pengaturan settingx gmana gan???sory cupu abizzz

  22. iccankk 9 Desember 2010 pukul 7:05 PM

    truzz satu lagi gan bisa gak pentium 4 2.4 milik wa procces di upgrade…?ke yg lbih tinggi?klu bisa maks brapa truzz support gak…hehe sory nanyax kbanyakan gan…

    • dimas347 10 Desember 2010 pukul 5:40 AM

      di upgrade apanya gan ? prosesor doank atau semua sama motherboard sama RAM juga ?

      • iccankk 10 Desember 2010 pukul 10:22 PM

        maksud wa brow prosessorx apa bisa dganti ke yang lebih tinngi lg macam 2.9 masalahnya pc ane pentium 4 yg lama brow msih make memori slot DDR trus vga slot AGP.bisa gak tuh brow….?makasih sebelumnya

      • dimas347 11 Desember 2010 pukul 9:37 AM

        klo prosesor sih bisa diganti yg ke lebih tinggi, tapi kayaknya klo RAM gak bisa deh cos harus ganti motherboard juga lu, terus slot VGA pasti juga berubah juga, klo spek yg lu sebutin sih saran gw mending ngerakit ulang aja deh, cos spek yg lu sebutin udah kagak bakal bisa di tukar tambah, percuma lu mau upgrade juga harganya ntar sama kayak ngerakit ulang :D

  23. iccankk 11 Desember 2010 pukul 2:15 PM

    owhh..gitu yah brow,hehe thanks yah brow rencanax klu lbih mahal mding ngrakit aja deh.

    • dimas347 12 Desember 2010 pukul 6:00 AM

      saran sih mending ngerakit ajah bro yg baru, liat deh di postingan gw yg merakit komputer, lumayan cuman budget 7.310.000 udah dapet lengkap komputer :D

  24. budi 19 Desember 2010 pukul 1:47 AM

    untuk koneksi LAN W7 and XP gmana bro? thank infonya.

    • dimas347 19 Desember 2010 pukul 10:29 AM

      diatas khan windows 7 bro :D

  25. DWI 20 Desember 2010 pukul 10:47 AM

    makasih mas bro
    atas bnyak info yg gue dapet

    • dimas347 20 Desember 2010 pukul 5:18 PM

      yupz sama sama :D

  26. endro 27 Desember 2010 pukul 1:59 PM

    makasiihhh gan… its work… dari maren nyoba2 g berhasil dan akhirnya berhasil jg.. :)

    • dimas347 27 Desember 2010 pukul 2:02 PM

      oke gan sama sama :D

  27. herbert 18 Januari 2011 pukul 11:36 PM

    gan, gw ada netbook asus dng memakai windows 7. gw sdh buka sharing network, tp ga ada local area networking ya? ada nya blothoot?

    • dimas347 19 Januari 2011 pukul 8:32 AM

      workgroup samain, dan IP Addres di obtain dua duanya

  28. ari 17 Februari 2011 pukul 8:39 AM

    gan maf tolong di beri komen …. setingan artikel diatas itu internetnya menggunakan modem kan>>??

    • dimas347 17 Februari 2011 pukul 5:02 PM

      bukan, kalo yg agan maksud maunya sharing internet modem via wireless atau Kabel Lan Card ?? nanti saya kasih solusi :)

  29. lia 5 Maret 2011 pukul 7:02 PM

    mo tny gan…
    aq pke byon M8340 win7 trs kartu 3 bwt modem internalnya. btw msh awam neh settingnya so mohon panduan detailny yah… thx

  30. franco 15 Mei 2011 pukul 6:46 AM

    om gw mau tanya gmn seting window7 starter untuk internet pke modem zte mf100 mhon bantuanya..

    • dimas347 15 Mei 2011 pukul 8:19 AM

      install drivernya :)

  31. muslih 29 September 2011 pukul 2:35 AM

    ini yg gw cari… thank y kk…

    • dimas347 1 Oktober 2011 pukul 1:08 PM

      sama sama gan :)

  32. yusron 12 Oktober 2011 pukul 2:27 PM

    gan.. laptop sy ga bsa connect laptop to laptop pake kabel LAN… gimana ya…? nuhun..

    • dimas347 22 Oktober 2011 pukul 3:24 PM

      belum install drivernya kali tuh

  33. ganteng 2 November 2011 pukul 6:31 AM

    gan ane kan share koneksi lan via wireless
    ane dah ngikutin semua petunjuk di atas
    di server sih udah ada koneksi wirelessnya
    tapi d client g no internet connection
    apa client harus setting ip wirelles jga?
    tq gan

    • dimas347 3 November 2011 pukul 8:33 AM

      di servernya udah sharing conection internet belum :)

  34. zaid 13 November 2011 pukul 12:24 AM

    Dns nya gmn ya klo kaga tau biasanya dns dapet ditemukan dimana????

  35. reza 19 Februari 2012 pukul 12:38 AM

    mantab gan,,btw kalo di balik modem nya skrng ada di komputer 2 gitu, settingan IP, DNS dll nya perlu di ganti or ditukar atau ga?

    • dimas347 19 Februari 2012 pukul 9:52 AM

      gak usah gan, itu mah bebas kok mau berapa aja untuk angka di belakangnya

  36. dwik 27 Juni 2012 pukul 3:59 PM

    gan,,,kok internet di tempat saya kl dicolokin ke pc win xp bisa buat internet, giliran kabelnya dicolokin di pc/netbook yng win7 gak bisa..bgmna setingnya tu?thanks..kl blh send to email saya dwik_coklat@yahoo.com

  37. wel 27 Juli 2012 pukul 3:11 PM

    KENAPA LAN CARD 2 KU SELALU UNIDENTIFIED, PADAHAL SUDAH IKUTIN SEMUA CARA NYA…

    • dimas347 29 Juli 2012 pukul 4:17 PM

      udah restart komputer belom ?

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 173 pengikut lainnya.

