Belajar Komputer

Belajar komputer itu mudah dan gratis

Bikin Balon Terbang Dengan CorelDraw X4


Karakter ilustrasi berbasis vektor adalah sesuatu yang berkesan manis, apik, dan lucu. Karenanya, seringkali gambar vektor digunakan sebagai gambar di cerita anak-anak atau hal-hal yang berbau dongeng.

Warna-warni yang meriah dan bentuk simpel namun apik bisa Anda buat dengan aplikasi vektor seperti CorelDRAW X4 yang kami gunakan ini. Tak perlu membuat bentuk yang rumit untuk menciptakan ilustrasi yang menawan.

 

Balon terbang ini misalnya, PCplus buat memakai sejumlah tool bentuk standar yang ada. Hasilnya? Lihat saja sendiri.

  • Tekan [F7] atau klik [Ellipse Tool] di toolbox untuk membuat lingkaran. Klik tarik pointer di layar hingga muncul lingkaran. Selanjutnya, buatlah segitiga dengan [Polygon Tool] atau tekan [Y]. Isikan angka 3 pada menu "Number of points or side…" di toolbar. Klik tarik pointer hingga membentuk segitiga seperti pada screenshot.

  • Sesuaikan lebar segitiga dengan lingkaran. Selanjutnya, gabungkan segitiga dan lingkaran hingga membentuk balon udara. Tekan [Ctrl] + [A], lalu klik tombol [Weld] di toolbar. Warnai sesuka Anda dengan mengklik gambar, lalu klik salah satu warna di palette warna.
  • Selanjutnya, gandakan bentuk balon tersebut dengan mengklik balon, lalu menekan [Ctrl] + [C], dilanjutkan dengan [Ctrl] + [V]. Beri warna baru pada hasil duplikasi ini. Kemudian, sambil menekan tombol [Shift], klik-tarik sisi samping bentuk sehingga mengecil atau mengurus.
  • Lakukan lagi langkah nomor 3 beberapa kali sampai membentuk lipatan-lipatan balon udara (lihat screenshot). Anda bisa mewarnainya sesuka hati. Jika sudah, tekan [Ctrl] + [A] kembali untuk menyeleksi seluruh bentuk, lalu tekan [Ctrl] + [G] untuk menggabungkan. Klik-kanan pada kotak transparan (bertanda silang) untuk menghilangkan garis tepi.
  • Kini Anda bisa membuat kotak pengangkut di bawah balon udara dengan bantuan [Rectangle Tool]. Buat juga tali-tali penghubung balon dengan kotak pengangkut dengan [Bezier Tool]. Buatlah sekreatif mungkin. Pastikan setelah membuat garis dengan Bezier Tool, Anda menekan [Enter] untuk melanjutkan pembuatan garis lain.
  • Buatlah latar langit dengan membentuk kotak segi empat seukuran dokumen memakai [Rectangle Tool]. Warnai dengan gradasi biru-putih. Caranya, klik [Fill Tool] > [Fountain Fill Dialog] atau tekan [F11] untuk membuka boks dialog Fountain Fill.
  • Pilih [Linear] pada "Type", lalu klik “Two color" pada menu "Color blend". Pilih warna biru pada "From" dan hitam pada "To". Masukkan angka -90 pada "Angle". Atur tingkat gradasi dengan slider "Mid-point". Lihat hasilnya di kotak preview di sudut kanan atas. Jika sudah pas, klik [OK]. Taruh obyek langit ini ke posisi paling belakang dengan menekan [Ctrl] + [End].
  • Mari membentuk awan. Buatlah beberapa lingkaran dan posisikan secara bersinggungan (lihat screenshot). Selanjutnya, gabungkan dengan mengklik [Pick Tool], lalu tekan [Shift] dan klik masing-masing lingkaran. Klik tombol [Weld] di toolbar untuk menggabungkan.
  • Kini awan Anda sudah jadi. Anda bisa mewarnainya dengan kelir putih atau abu-abu. Buatlah beberapa awan dengan cara yang sama. Taruh di depan awan atau di belakang balon. Untuk menaruh di belakang balon, klik awan, lalu tekan [Ctrl] + [Page Down].

Berusaha dengan kemampuan sendiri adalah jalan yang terbaik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: