Belajar Komputer

Belajar komputer itu mudah dan gratis

Sistem Informasi Penginapan


Penginapan merupakan salah satu sarana dan fasilitas yang diperlukan bagi masyarakat sebagai tempat tinggal sementara, khususnya bagi masyarakat yang sedang melaksanakan perjalanan wisata ke suatu tempat.

Fasilitas yang disediakan oleh penginapan ini terdiri dari bermacam-macam jenis pelayanan bagi customer, misalnya pelayanan Deluxe, VVIP, VIP, standard, ekonomi dimana setiap jenis pelayanan terdapat kategorisingle bed dan double bed. Fasilitas pelayanan penginapan yang disediakan berbanding lurus dengan harga yang ditawarkan kepada customer. Setiap penggunaan fasilitas penginapan (laundry, telepon, snack, minuman dll) akan ditagihkan pada saat check out.

Setiap kali customer melakukan check-in, maka data customer disimpan pada database penginapan. Pembayaran check-in customer bisa melalui pembayaran tunai, kartu kredit, dll. Selain itu, check-inpenginapan / reservasi penginapan bisa dilakukan via internet (pembayaran melalui rekening bank). Jikacustomer melakukan reservasi penginapan dalam waktu kurang dari 10 hari dari hari-H maka customer bisa mendapatkan potongan harga penginapan. Sedangkan customer yang membatalkan reservasi, uang reservasi dikembalikan sebesar 20%.

Untuk pegawai penginapan, terdapat status dan jenis pegawai di mana status pegawai dibedakan menjadi pegawai tetap, tidak tetap, dan magang. Sedangkan jenis pegawai terdiri dari resepsionis, roomboy,security, koki, waitress, administrator, manajer. Setiap pegawai memiliki hak akses masing-masing sesuai dengan jabatannya, misalnya administrator memiliki hak akses penuh pada database penginapan. Selain itu, terdapat pembagian shift kerja pada pegawai. Penggajian pegawai dihitung berdasarkan status, jenis, absensi, dan lembur. Pegawai yang mengambil cuti, akan mendapat potongan gaji.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: