Belajar Komputer

Belajar komputer itu mudah dan gratis

Sistem Informasi Software House


Software house adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang software development. Requirement yang dibutuhkan oleh sebuah software house adalah : sistem informasi ini mampu menangani beberapa aspek dasar dalam setiap perusahaan, diantaranya adalah kepegawaian, transaksi project, dan inventaris perusahaan.

Pegawai dibedakan menjadi beberapa posisi yang meliputi manajer, programmer, desainer, database administrator, dan dokumentator. Status pegawai juga dibedakan menjadi pegawai full time dan part time. Pegawai full time memiliki waktu kerja 8 jam perhari dengan hari kerja Senin-Sabtu. Pegawai part time memiliki jam kerja minimal 100 jam perbulan dengan hari kerja yang fleksibel. Jika jam kerjanya kurang dari 100 jam perbulan, maka gaji pegawai tersebut dihitung dengan mengalikan jumlah jam kerja dengan gaji perjam pegawai tersebut sesuai dengan jabatannya. Jadwal kerja untuk pegawai full timedibagi menjadi dua shift yaitu shift pagi dan shift malam. Bonus akan diberikan perbulan kepada pegawai yang menangani lebih dari satu project sekaligus.

Setiap project yang ditangani oleh perusahaan memiliki alokasi waktu, alokasi biaya, rentang waktu pelaksanaan, siapa saja yang terlibat dalam pelaksanaan project, dan customer karena nantinya hal ini berpengaruh pada kejelasan progress report dari setiap project. Ada tiga jenis project yang ditangani oleh perusahaan, yaitu kategori Software Development, Tutorial, dan Riset. Pada kategori Software Development pihak customer dapat memilih paket yang disediakan oleh perusahaan yang terdiri dari pembuatan software aplikasi, tutorial dan maintenance. Namun pihak customer dapat tidak memilih paket tersebut yang berarti hanya memesan software aplikasi sehingga biaya yang dikenakan lebih murah. Sedangkan pada kategori Tutorial, hal yang menentukan adalah lamanya kegiatan tutorial dan jumlah peserta tutorial. Lain lagi halnya dengan kategori Riset. Kategori ini dilakukan ketika pegawai sedang idle(keadaan di mana pegawai tersebut sedang tidak menangani suatu project).

Inventaris perusahaan dibagi menjadi dua yaitu inventaris yang bersifat statis dan dinamis. Inventaris yang bersifat statis contohnya adalah kekayaan perusahaan seperti computer, lemari, meja, kendaraan bermotor, dll. Sedangkan inventaris yang bersifat dinamis contohnya adalah hasil karya perusahaan dalam bentuk CD tutorial maupun program.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: