Belajar Komputer

Belajar komputer itu mudah dan gratis

Structured Programming


Reference :

  • Pemrograman Dasar Turbo C untuk IBM PC, Abdul Kadir, ANDI Yogyakarta

Materials :

  • Sekilas Tentang C

Asal Mula C :

Bahasa C dikembangkan di Laboratorium Bell (USA) sekitar tahun 1972. Penciptanya adalah Dennis M. Ritchie, seorang pakar dalam berbagai bidang pemrograman. Pertama kali C diwujudkan pada komputer DEC PDP-11 yang memakai sistem operasi UNIX. Bahasa C sendiri merupakan pengembangan dari bahasa B. Bahasa pendahulu dari C ini diciptakan oleh Ken Thompson, pada Laboratorium Bell tahun 1970, yang digunakan untuk pengimplementasian dini dari UNIX.

Pada tahun 1978 Ritchie dan Brian W. Kernighan mengeluarkan buku berjudul “The Programming C Language”. Buku inilah yang selanjutnya digunakan sebagai acuan pembuatan berbagai versi C.

Beberapa versi C yang diciptakan oleh berbagai kalangan dirancang untuk diopersikan pada sistem operasi yang lain (selain UNIX), misalnya pada PC-DOS atau MS-DOS.

Untuk melaksanakan standardisasi terhadap bahasa C, ANSI (American National Standards Institute) membentuk tim kerja untuk membuat C standar ANSI yang dimulai pada tahun 1983. Standar ANSI inilah yang selanjutnya digunakan sebagai referensi dari berbagai versi C yang beredar dewasa ini, termasuk Turbo C.

Kelebihan C

Beberapa kelebihan dari C :

  • C banyak memiliki operator untuk memanipulasi data.
  • Berbagai struktur data dan pengendalian proses disediakan dalam C sehingga memungkinkan untuk membuat program yang terstruktur, yakni bentuk program yang mudah dipahami dan dikembangkan.
  • Dibandingkan dengan bahasa mesin atau assembly, C jauh lebih mudah dipahami dan pemrogram tidak perlu tahu detail mesin komputer sehingga tidak menyita waktu yang terlampau banyak dalam menyelesaikan suatu masalah ke dalam bentuk program. Sebab C merupakan bahasa yang berorientasi pada permasalahan, bukan berorientasi pada mesin.
  • C merupakan mid-level language, namun kecepatan eksekusi C mendekati kecepatan eksekusi program yang dibuat dengan low-level language.
  • C memungkinkan memanipulasi data dalam bentuk bit maupun byte secara efisien. Di samping itu juga memungkinkan untuk memanipulasi alamat dari suatu data (pada C tipe yang berkaitan dengan hal ini dinamakan pointer).

Kelemahan C

Adapun kelemahan (lebih tepatnya adalah kesulitan) C yang dirasakan oleh para pemula C :

  • Banyaknya operator serta fleksibilitas penulisan program kadang-kadang membingungkan pemakai.
  • Para pemrogram C tingkat pemula umumnya belum pernah mengenal pointer dan tidak terbiasa menggunakannya (sebab bahasa BASIC yang biasanya merupakan bahasa dasar bagi para pemrogram memang tidak mengenal istilah pointer). Padahal keampuhan C justru terletak pada pointer.

sumber : http://blog.its.ac.id/dyah03tc

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: