Belajar Komputer

Belajar komputer itu mudah dan gratis

Aku Personalia Gadungan



saya lulusan sarjana
dari jurusan teknik informatika
entah mengapa saya menjadi seorang personalia
mungkin salah masuk pabrik sepertinya

tanggal 13 Desember 2012 menjadi awal loyalitasku
menjadi staff personalia
mengelola 130 karyawan
belajar peraturan perusahaan
belajar undang undang no 13 tentang tenaga kerja
belajar keputusan menteri
4 prinsip yang saya pegang dalam hidup
halal, jujur, adil dan tidak merugikan orang lain

kini saya sadar banyak penyimpangan di perusahaan
mulai UMK Bekasi yang di bawah standar
sistem PKWT yang didahului masa percobaan
masa percobaan melebihi 3 bulan
mempermainkan kata masa percobaan dengan magang dan training
tidak ada keterangan tertulis pada masa percobaan
tidak memberikan fasilitas safety pada karyawan
memberikan status karyawan harian lepas lebih dari 3 bulan
hanya memberikan gaji UMK Bekasi pada karyawan yang mempunyai loyalitas belasan tahun
hanya memberikan gaji UMK Bekasi pada kami para staff yang mempunyai gelar Sarjana
meskipun saya sudah memberi saran kalau hal ini melanggar aturan yang ada

pernah kau (pengusaha) berkata kepadaku "Yang setuju boleh tetap disini tapi yang tidak mau silahkan pergi"
pernah kau (pengusaha) berkata kepadaku "Perusahaan sedang kekurangan order"
pernah kau (pengusaha) berkata kepadaku "Di perusahaan lain pasti melanggar Undang Undang Tenaga Kerja"
pernah kau (pengusaha) berkata kepadaku "Kerjanya harus ditingkatkan kembali"

pernah kau (HRD Manager) berkata kepadaku "Kita harus dukung pengusaha sepenuhnya"
pernah kau (HRD Manager) berkata kepadaku "Kita harus bisa mempermainkan Undang Undang Tenaga Kerja"
pernah kau (HRD Manager) berkata kepadaku "Kita harus mempermainkan Peraturan Perusahaan"
pernah kau (HRD Manager) berkata kepadaku "Kita harus mempermainkan Perjanjian Kerja Bersama"
pernah kau (HRD Manager) berkata kepadaku "Kalau saya tidak mengikuti kemauan pengusaha saya dan keluarga saya mau makan apa"

tapi tak pernah kau (pengusaha) berkata kepada kami "Kerja kalian bagus mulai saat ini kalian naik gaji"

apakah perusahaan menengah kebawah seperti itu ?
hingga owner mengurusi hal hal kecil
hal ini bisa berbahaya, sistem tidak akan berjalan dengan baik
kami para karyawan tidak akan bisa berkembang dan maju

siapkah perusahaan ini berdiri ?
siapkah owner bermental pengusaha ?

hai kalian para pengusaha
kami sudah memperingatkanmu
mana salah dan mana benar berikut konsekuensi yang harus diterima apabila melanggar

hai para buruh "Silahkan berpikir kedepan"
hai para buruh "Apakah mau menggantungkan impian pada perusahaan yang demikian ?"
Saya hanya kasihan pada teman teman saya yang jadi korban
Bukanlah pada pengusahanya

mulai tanggal 25 April 2012 saya meninggalkan perusahaan
bukan karena loyalitas
bukan karena kerja saya kurang produktif
bukan karena Surat Peringatan
melainkan karena Surat Pengunduran Diri

jika tidak saya adalah "Pengkhianat" bagi pada karyawan / buruh
jika tidak saya adalah "Penjilat" bagi para pengusaha
jika tidak saya adalah "Manusia yang tak punya hati nurani"

One response to “Aku Personalia Gadungan

  1. ahmad kahfi 12 November 2012 pukul 4:31 PM

    Teruskan perjuangan agan. ane dukung!🙂

Tinggalkan Balasan

